Definisi pijat: manipulasi jaringan (seperti dengan menggosok, membelai, menguleni, atau menepuk) dengan tangan atau instrumen terutama untuk tujuan terapeutik. Kata ini berasal dari bahasa Yunani ‘masso’, untuk menguleni, dan ‘massa’ bahasa Arab, untuk menekan dengan lembut.

Sejarah meja pijat: World of Massage Museum menampilkan meja pijat bergaya Victoria dari tahun 1878, meja darkiron massage gun pijat getar yang dibuat pada tahun 1918. Istilah meja pijat tiba sekitar akhir tahun 1920-an. Sebelumnya, alat yang digunakan untuk pijat disebut sofa. Meja pijat pertama digunakan pada masa Yunani dan Romawi dan terbuat dari lempengan marmer yang disebut alas dan batu kapur. Pada akhir abad ke-19, pada era Victoria, di mana istilah sofa pijat digunakan untuk meja pijat yang merupakan bagian dari furnitur. Mereka biasanya diisi dengan bulu kuda dan dilapisi dengan beludru atau bahan serupa. Rambut kuda digunakan karena lebih tahan dari kapas. Kemudian datanglah tahun 1920-an, ketika meja pijat dikembangkan di Amerika Serikat. Pada tahun 1930-an, meja pijat portabel pertama dibuat, terbuat dari rangka kayu dengan kaki logam atau kayu. Lubang wajah yang dipotong di kepala muncul sekitar tahun 1940-an. Banyak praktisi menyesuaikan dengan tabel George Downing dari bukunya tahun 1960-an, “The Massage Book”, yang menyertakan model buatan sendiri yang disalin untuk dekade berikutnya hingga tahun 1970-an ketika dibuat secara komersial dan tersedia. The Battlecreek Company memproduksi meja pijat ringan pertama, memperkenalkan meja portabel lipat aluminium mereka pada tahun 1950-an. Buaian wajah yang dipasang di ujung meja pijat pertama kali diperkenalkan pada 1980-an. Meja pertama terbuat dari kayu dan bantalan busa berlapis vinil. Sekarang model saat ini dirancang secara ergonomis dengan padding berlapis-lapis dan tersedia dalam berbagai gaya dan warna. Tersedia meja khusus, seperti meja untuk wanita hamil, melakukan bodywork khusus yang memerlukan meja ekstra lebar, di antara banyak pilihan yang tersedia di pasar saat ini. Bagian atas meja pijat mudah dibersihkan dan tidak lagi bermasalah dengan kebersihan. Mereka juga tahan air / minyak dan tahan lama. Saat ini, sebagian besar meja pijat berkualitas tinggi diproduksi di Amerika Serikat.

Sejarah pijat: Catatan tertulis tertua tentang pijat berusia sekitar 4000 tahun. Itu ditemukan dalam teks medis Cina, bertanggal sekitar 1800 SM. Hippocrates of Cos (460 hingga 380 SM), bapak kedokteran dan penulis Sumpah Hippocrates, menulis “dokter harus berpengalaman dalam banyak hal tetapi pasti juga dalam menggosok (anatripses); untuk hal-hal yang memiliki nama yang sama tidak selalu efeknya sama, karena gosokan dapat mengikat sendi yang terlalu longgar dan melonggarkan sendi yang terlalu kaku… gosokan dapat mengikat dan melonggarkan; dapat membuat daging (mengacu pada kemampuan mengencangkan jaringan otot) dan menyebabkan bagian-bagian menjadi rusak ( lembut dan rileks). Gesekan keras mengikat; gosokan lembut mengendur; banyak gosokan menyebabkan bagian-bagian terbuang; gosokan sedang membuatnya tumbuh.” Eropa menolak ajaran selama Abad Kegelapan. Pehr Heinrick Ling, dari Swedia, menggunakan karyanya dalam terapi manual dengan atlet terutama pesenam, yang mengarah pada pengembangan dan penelitian teknik jaringan lunak yang dikenal sebagai Pijat Swedia. Dia dianggap sebagai ‘bapak pijat modern’. Saat ini ada lebih dari 70 modalitas pijat yang dipraktikkan di Amerika Serikat. Diantaranya adalah Pijat Batu, Refleksologi, Pijat Kehamilan, Bodywork Yoga Thailand, Terapi Craniosacral, dll. Ada berbagai jenis pijat, termasuk jenis yang umum: pijat Swedia, pijat dalam, pijat olahraga, pijat titik pemicu. Saat ini, ada peningkatan terus-menerus dalam ‘pengobatan pencegahan’ di mana modalitas seperti pijat, yoga, akupunktur, nutrisi, telah dilakukan dalam praktik kesehatan yang baik di Amerika.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat pijatan, tetapi beberapa penelitian menemukan bahwa pijatan juga dapat membantu untuk:

~ kegelisahan

~ gangguan pencernaan

~ Fibromyalgia

~ sakit kepala

~ insomnia berhubungan dengan stres

~ sindrom nyeri myofascial

~ parestesia dan nyeri saraf

~ Strain atau cedera jaringan lunak

~ cedera olahraga

~ nyeri sendi temporomandibular

Risiko pijatan: Kebanyakan orang mendapat manfaat dari pijatan. Namun, pijatan mungkin tidak sesuai jika Anda memiliki:

~ gangguan pendarahan atau minum obat pengencer darah

~ membakar, membuka, atau menyembuhkan luka

~ trombosis vena dalam

~ patah tulang

~ osteoporosis parah

~ trombositopenia berat

Silakan diskusikan pro dan kontra dengan dokter Anda, terutama jika Anda sedang hamil atau menderita kanker atau nyeri yang tidak dapat dijelaskan.

Dalam keadaan yang jarang terjadi, pijatan dapat menyebabkan:

~ pendarahan dalam

~ kerusakan saraf

~ lumpuh sementara

~ reaksi alergi terhadap minyak pijat